Simak Alasan Mengapa Celana Laki-Laki Harus di Bawah Lutut

0 Comment

Seperti yang kita tahu style celana laki-laki terus mengalami perkembangan. Sehingga tidak heran jika sekarang banyak dijumpai model celana baik panjang ataupun pendek di pasaran.

Salah satu style yang sekarang ini tengah populer dikalangan kaum adam adalah celana di bawah lutut. Lalu mengapa celana laki-laki harus dibawah lutut? Nah, untuk menemukan jawabannya simak ulasan berikut ini.

Tahukah Anda bahwa menurut Islam, laki-laki memiliki batasan aurat yang mana harus dijaga. Beberapa pendapat mengatakan bahwa laki-laki tidak boleh memakai celana pendek karena yang demikian ia telah menampakkan auratnya.

Nah, agar tidak salah dalam memilih celana, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Langsung saja berikut ulasan lengkapnya.

Tips Memilih Celana untuk Laki-laki yang Baik

pixabay.com

Tidak Menyerupai Wanita

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika ingin membeli celana yaitu pastikan tidak memilih model yang menyerupai celana wanita. Lalu mengapa laki-laki tidak boleh membeli celana yang yang menyerupai celana wanita? Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam yang berbunyi:

Rasullullah Shallallahu’alaihi wa sallam melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki” (HR. Bukhari)

Sesuai dengan hadis tersebut tentu sudah jelas bahwa laki-laki tidak boleh memakai celana ataupun pakaian yang menyerupai wanita. Oleh karena itu hendaklah kita lebih berhati-hati sebelum membeli pakaian baik baju ataupun celana.

Tidak Isbal

Hal selanjutnya yang juga perlu dijadikan perhatian ketika membeli celana yakni tidak isbal. Sebagai seorang muslim yang baik, sudah seharusnya memahami tentang adab-adab dalam berpenampilan.

Salah satu adab berpenampilan menurut Islam khususnya dalam hal celana yakni hendaknya tidak isbal. Apa itu isbal? Maksud isbal di sini yaitu celana ketika dipakai menutupi mata kaki dan ini dilarang dalam islam.

Lalu apakah wajib menggunakan celana yang tidak isbal? Jika memang Anda penasaran terkait hukum isbal, ada baiknya Anda meneliti dalil-dalil terkait isbal bagi pria. Seandainya Anda menemukan perbedaan pendapat, maka alangkah baiknya untuk memilih pendapat yang mana dianggap lebih dekat dengan dalil Al-qur’an dan hadist.

Tidak Menampakkan Aurat

Tips selanjutnya yang bisa Anda terapkan saat memakai celana yaitu pastikan untuk memilih yang tidak menampakkan aurat. Seperti yang kita tahu, menutup aurat tidak hanya diwajibkan kepada wanita saja. Akan tetapi pria juga wajib menutup auratnya sesuai dengan batasan yang telah dijelaskan dalam syariat Islam. Lalu seperti apa batasan aurat pada laki-laki?

Dalam Islam sudah dijelaskan bahwa batasan aurat laki-laki yaitu dari pusar hingga lutut. Hal tersebut sesuai dengan hadis yang berbunyi: “Yang di bawah pusar dan di atas kedua lutut adalah aurat” (HR. Al Baihaqi 3362). Dapat disimpulkan bahwa alangkah baiknya laki-laki tidak menggunakan celana yang menampakkan auratnya.

Alasan Celana Laki-Laki Harus di Bawah Lutut

pixabay.com

Agar Tidak Tampak auratnya

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, alasan mengapa laki-laki harus menggunakan celana di bawah lutut agar tidak terlihat auratnya. Baik di hadapan laki-laki lain dan di hadapan wanita selain istrinya. Oleh karena alangkah baiknya Anda memperhatikan adab-adab ketika menggunakan pakaian khususnya celana.

Tidak Mengandung Hal yang Dilarang

Alasan selanjutnya mengapa laki-laki diharuskan untuk menggunakan celana yang di bawah lutut karena di dalamnya tidak mengandung hal-hal yang dilarang dalam islam. Karena batasan aurat laki-laki adalah di bawah pusar sampai di atas lutut, maka dengan menggunakan celana ini akan menutupi aurat Anda.

Memang sekarang ini celana di atas lutut menjadi tren dan biasa dikalangan masyarakat. Namun jangan sampai karena hal-hal yang dianggap biasa tersebut justru besar dalam perhitungan Allah Subhanahuwata’ala.

Terlihat Lebih Sopan

Selain disyariatkan dalam Islam, alasan lain mengapa laki-laki tidak dianjurkan untuk memakai celana di atas lutut karena terlihat tidak sopan dan kurang pantas. Tentu saja hal tersebut bisa jadi mengganggu kenyamanan orang lain. Sehingga alangkah baiknya untuk menjaga penampilan dengan lebih sopan, agar enak saat dipandang.

Itulah sedikit informasi mengapa celana laki-laki harus di bawah lutut. Setelah mengetahui beberapa penjelasan di atas, diharapkan kita semakin mengetahui hal-hal apa saja yang diperbolehkan dan dilarang. Jangan sampai apa yang kita lakukan justru mendatangkan dosa besar untuk diri kita nantinya.

Nah, bagi Anda yang sekarang ini berencana untuk belanja fashion celana laki-laki, pastikan untuk memilih toko yang tepat. Sekarang ini sudah banyak dijumpai tempat-tempat yang menyediakan celana dibawah lutut dengan model yang beragam. Tunggu apalagi? Yuk belanja fashion Anda sekarang juga!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *