Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen Secara Aman



 

Facebook memberikan fitur delete akun sehingga member bisa menghapus akun miliknya. Perlu kamu ketahui, hapus akun yang dimaksud terdiri dari dua opsi. Pertama, akun dihapus secara permanen berarti semua data dan apapun terkait akun tersebut tidak lagi tersedia. Untuk melakukan hal tersebut, kamu perlu mengetahui bagaimana cara menghapus akun facebook secara permanen. Yang kedua, akun tidak perlu dihapus permanen tetapi dinonaktifkan. Dengan cara ini, akun masih ada tetapi semua aktivitas terkait facebook tidak lagi tersedia. Jika sudah yakin ingin menghapus permanen, kamu dapat mengikuti panduan dari kangsandi.id yang akan dijelaskan sebagai berikut.

Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen Dengan Benar

  • Persiapan sebelum delete akun

Sebelum lanjut menerapkan cara menghapus akun facebook secara permanen, kamu perlu melakukan beberapa persiapan. Perlu diketahui bersama bahwa akun yang nanti dihapusĀ  tidak akan muncul pada pencarian. Apabila penghapusan berhasil, kamu tidak lagi dapat melakukan login. Jika ingin menggunakan facebook, daftar dari awal. Langkah persiapan sebelum menghapus akun yaitu backup foto dan konten. Facebook memberikan fitur ini sehingga member tidak repot melakukan save dan download satu per satu. Semua konten akan diunduh otomatis. Persiapan lain yaitu kamu perlu memeriksa komen atau posting di halaman orang lain. Akun memang sudah dihapus tetapi komen dan konten lain yang kamu bagikan ke orang lain tetap tersedia. Jika tidak ada masalah, proses hapus dapat diteruskan.

 

  • Proses delete akun

Langkah awal yaitu login dan masuk ke halaman facebook web. Setelah itu, cari menu tkamu panah ke bawah dan pilih setting & privacy. Selanjutnya, pilih setting lalu your facebook information. Kamu melihat menu delete dan klik menu tersebut. Ikuti semua langkah yang diperlukan. Setelah itu, klik ok dan proses delete telah selesai. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah menghapus akun permanen di facebook hanya tersedia versi web. Artinya, member perlu login dari komputer atau laptop. Versi aplikasi tidak memiliki proses hapus akan berlangsung dan kamu cukup menunggu agar akun terhapus permanen.

 

  • Cancel delete

Facebook masih memberikan kesempatan kepada member untuk memikirkan ulang mengenai delete akun permanen ini. Berdasarkan keterangan resmi, akun akan hilang termasuk semua data setelah 30 hari. Selama periode tersebut, member masih memiliki kesempatan untuk login dan memasukkan password. Ini merupakan pilihan ketika member berubah pikiran. Akun tersebut belum sepenuhnya terhapus. Batas maksimal penghapusan adalah 90 hari. Saat login, kamu akan langsung bertemu dengan opsi cancel deletion. Ikuti prosedur untuk restore akun tersebut. Metode ini dipilih ketika yakin akun memang tidak ingin dihapus permanen. Opsi lain yaitu menonaktifkan facebook tersebut sehingga member masih dapat mengakses di kemudian hari.

Dampak Menghapus Akun Permanen

  • Konten, foto, posting, dan video

Setelah mengetahui cara menghapus akun facebook secara permanen, kamu harus mengerti dampaknya. Member melakukan penghapusan karena sesuatu hal. Ini merupakan hal privasi mereka sehingga facebook tidak ikut campur. Saat menghapus akun secara permanen, semua konten akan lenyap. Posting, video, foto, dan apapun di akun kamu tidak lagi muncul. Seperti yang disebutkan sebelumnya, hanya konten dan material yang member upload tidak lagi tersedia. Disisi lain, komentar dan lainnya yang kamu posting di akun orang lain tetap akan tampak. Tentu saja, ada keterangan link ke akun tersebut tidak lagi berfungsi. Inilah konsekuensi jika menghapus akun facebook permanen. Jika memang memutuskan hal tersebut, kamu sudah mengerti apa yang nanti diterima. Sekali lagi, pertimbangkan dengan matang sebelum bertindak.

 

  • Pesan, grup, dan facebook login

Bagaimana dengan chat dan login serta group? Saat akun tidak lagi tersedia, pesan milik kamu akan hilang kecuali sudah disimpan. Namun, orang lain masih dapat melihat chat tersebut kecuali mereka sendiri menghapus. Seperti komentar dan posting, link ke akun facebook tidak tersedia karena akun memang telah nonaktif. Apabila kamu membuat grup, kemungkinannya ada dua yaitu ikut terhapus atau tetap. Grup dapat dihapus ketika hanya ada satu admin yaitu kamu sendiri. Sebaliknya, grup dengan beberapa admin tidak langsung terhapus. Mereka masih tetap eksis. Terakhir adalah facebook login juga tidak nonaktif. Kamu menggunakan fitur ini untuk login ke berbagai aplikasi dan website. Apabila memerlukan verifikasi, akun tidak akan menerima pesan dan kamu harus mengganti sistem login dengan cara lain.

Dari apa yang telah dijelaskan, kamu mengerti mengapa hapus permanen akun di facebook harus dipikir dengan matang dan bijak. Saat ini, facebook memiliki fungsi tidak hanya social media dan komunikasi. Kamu sering melihat akun, grup, dan halaman untuk tujuan tertentu termasuk yang mempunyai predikat official. Penghapusan tentu berdampak kepada siapapun yang terlibat. Seperti yang telah disebutkan berulang kali, pilih delete permanen jika memang yakin. Apabila masih ragu, kamu dapat menggunakan opsi nonaktif. Sama seperti delete, fitur ini seolah menghapus akun kamu. Namun, semua konten dan akses masih tersedia. Member hanya perlu login lalu memperoleh kembali akun secara penuh. Jika dibiarkan nonaktif, kamu akan lupa dengan sendiri.