Cara Mengeluarkan Dahak Pada Balita Tanpa Minum Obat



 

Kodisi cuaca yang tidak menentu membuat imun tubuh si kecil turun. Sehingga virus mudah menyerang dan menimbulkan penyakit, terutama batuk dan pilek. Sering kali balita yang menderita flu kesulitan mengeluarkan dahak. Tentunya ibu akan sangat khawatir melihat kondisi sang anak. Untuk itu simak beberapa cara mengeluarkan dahak pada balita disini.

Cara Alami Keluarkan Dahak Si Kecil

  1. Gunakan Uap Air Panas

Sediakan baskom berisi air hangat, bisa campurkan dengan beberapa minyak kayu putih atau tidak. Letakkan baskom di dekat balita agar uap dari air hangat bisa dihirup si kecil. Cara seperti ini dapat melegakan hidung tersumbat sekaligus mengencerkan dahak. Namun anda harus ekstra berhati-hati ketika meletakkan baskom, jangan terlalu dekat agar jauh dari jangkauan.

  1. Tepuk-tepuk Punggung Bayi

Posisikan balita tengkurap lalu tepuk punggungnya kanan dan kiri secara perlahan. Bisa juga meletakkan bayi miring ke kanan atau kiri, kemudian tepuk bagian dada samping dengan lembut. Biasanya si kecil akan memuntahkan dahak yang ada dalam tubuh, bila tidak dahak akan mengencer dan masuk pencernaan. Tapi ibu tak perlu khawatir, cairan tersebut akan keluar melalui kotoran.

Bagi ibu melihat anak kesayangan sedang sakit membuatnya gelisah sepanjang waktu. Apalagi jika si kecil batuk tetapi tidak bisa mengeluarkan dahak, rasanya pasti sangat mengkhawatirkan. Ibu bisa mengandalkan beberapa cara alami untuk mengencerkan dahak. Nantinya bayi akan memuntahkan dahak bersama susu, atau keluar melalui pipis.