Cara Mengaktifkan Kamera Laptop All Windows



Cara mengaktifkan kamera Laptop bukanlah perkara yang sulit. Namun yang menjadi permasalahannya adalah apakah pada Laptop Anda sudah terinstal driver kamera ataukah belum. Pasalnya kamera pada Laptop tidak akan bisa dihidupkan jika drivernya belum terinstal.

Itulah kemungkinan besar yang menjadi penyebab kenapa kamera Laptop Anda belum bisa diaktifkan. Oleh sebab itu segeralah untuk menginstal drivernya terlebih dahulu. Kunjungi saja website resmi merek Laptop Anda dan cari driver kamera di sana. Ingat juga sesuaikan driver kamera dengan tipe dan seri Laptop Anda.

Tetapi biasanya semua Laptop sudah ada driver bawaan dari windows. Artinya Anda tidak perlu lagi susah-susah untuk mencari driver terlebih dahulu. Maka dari itu di sini saya asumsikan jika pada Laptop Anda sudah terinstal driver kamera. Artinya tugas Anda adalah tinggal mengaktifkannya.

Mengaktifkan Kamera Laptop pada Windows 7

Meskipun Windows 7 termasuk versi Windows yang lawas namun nyatanya masih banyak yang menggunakannya. Nah, untuk Anda yang kebetulan pada Laptopnya masih menggunakan sistem operasi Windows 7, maka seperti ini cara untuk mengaktifkan kameranya.

Klik Start > All Programs > Camera atau Camera App > Buka.

Jadi sesimpel itulah cara mengaktifkan kamera pada Laptop yang menggunakan Windows 7. Oleh sebab itu saya yakin Anda pun pasti bisa mempraktikannya.

Mengaktifkan Kamera Laptop pada Windows 8

Untuk Anda yang Laptopnya menggunakan sistem operasi Windows 8, cara mengaktifkan kameranya pun sangat mudah. Bahkan menurut charis.id langkahnya lebih simpel dibanding Laptop yang menggunakan Windows 7.

Caranya adalah tinggal klik Start > Camera. Nantinya akan muncul aplikasi kamera yang bisa langsung Anda gunakan. Bagaimana lebih mudah lagi bukan?

Lalu bagaimana jika Laptop menggunakan Windows 10? Apakah cara mengaktifkan kameranya sama?

Untuk Anda yang kebetulan menggunakan Windows 10 pada Laptopnya, ada sedikit perbedaan saat ingin mengaktifkan camera. Meskipun demikian, bisa dikatakan jika langkahnya sangat mudah dan simpel.

Cara mengaktifkan kamera Laptop Windows 10 adalah Search > ketik Camera > buka aplikasinya. Tunggu beberapa saat maka kamera pada Laptop sudah aktif dan bisa Anda gunakan.

Memperbaiki Kamera Laptop yang Tidak Berfungsi

Sudah mempraktikkan berbagai cara mengaktifkan kamera di Laptop namun masih saja belum bisa digunakan. Mungkin ada masalah pada kamera Laptop Anda. Meskipun demikian, jangan langsung membawanya ke Tempat service Laptop terlebih dahulu. Beberapa tips berikut ini harus Anda coba terlebih dahulu:

Install Ulang Driver Camera

Penyebab kamera laptop tidak bisa diaktifkan bisa jadi disebabkan driver camera error. Atau bisa jadi driver belum terinstal. Maka dari itu coba install terlebih dahulu driver kamera Laptop.

Pastikan bahwa driver yang dipasang memang kompatibel dengan laptop. Jika tidak, Anda tidak akan mendapati hasil sebagaimana yang diharapkan.

Update Driver di Device Manager

Jika ternyata driver camera pada Laptop sudah terinstal, maka Anda perlu mengupdatenya. Update driver camera yang ada di Device Manager. Untuk melakukannya Laptop harus tersambung ke jaringan internet.

Setelah Laptop tersambung, langsung buka Device Manager > Driver Camera. Setelah ketemu, klik kanan lalu pilih Update Driver Software. Tunggu saja hingga proses update selesai.

Install Ulang Laptop

Cara ketiga ini bisa dipilih setelah kedua cara di atas tadi belum berhasil. Kamera Laptop tidak bisa diaktifkan kemungkinan besar karena kerusakan sistem pada Laptop sudah sangat parah. Oleh sebab itu butuh install ulang supaya bisa normal kembali.

Aplikasi Kamera Webcam Terbaik untuk Laptop

Fitur bawaan kamera Laptop umumnya tidak terlalu banyak. Kondisi inilah yang menyebabkan kenapa banyak yang memilih memanfaatkan aplikasi kamera Laptop pihak ketiga seperti ini. Apalagi untuk Anda yang Laptopnya secara spesifikasi bisa dikatakan pas-pasan.

Nah, untuk Anda yang tertarik menggunakan aplikasi kamera Laptop pihak ketiga, kini pilihannya sudah semakin banyak. Selain itu aplikasi tersebut bisa didapatkan secara gratis. Misalnya saja seperti ManyCam, YouCam, Windows Camera, Debut Video Capture Software, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara untuk mengaktifkan kamera Laptop memang sangat mudah. Namun terkadang ada beberapa kondisi yang membuatnya tidak bisa diaktifkan. Jika penyebabnya karena adanya kerusakan sistem, maka ketiga cara di atas tadi bisa dipilih.

Namun jika ternyata kerusakannya ada pada hardware, maka opsinya adalah diperbaiki di tukang service Laptop. Semoga ulasan tentang cara mengaktifkan kamera Laptop ini bisa sedikit membantu Anda semua.