Cara Menanam Padi Yang Baik dan Benar



Menanam Padi – Menanam padi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh petani untuk menaruh benih padi pada tanah sawah yang telah digemburkan dan juga basah. Menanam padi, ternyata ada caranya lho, guys! Nggak asal tancap saja! Nah! Buat para petani tentu saja ini hal yang penting karena akan berpengaruh pada kualitas tanaman dan juga hasil tanamnya ke depan. So, di bawah ini adalah cara menanam padi agar memperoleh hasil yang banyak dan juga berkualitas.

1) Faktor yang Memengaruhi Kualitas Padi

Sebelum menanam padi untuk mendapatkan hasil yang bagus, tentu saja kamu perlu memerhatikan beberapa faktornya. Seperti halnya benih padi yang akan ditanam harus bagus dan berbobot, tanahnya yang memang sudah digemburkan, anakan padinya yang harua lebih banyak, serta cara pembudidayaannya yang tepat dapat memengaruhi hasil dari benih yang ditanam.

2) Cara Menanam Padi

Setelah memahami faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan dalam budi daya padi, kali ini kita akan bahas tentang cara menanam padi. Di antaranya:

  1. Menyiapkan media tanam, yaitu pemilihan lahan sawah sebagai media tanam. Untuk memilih media tanam yang satu ini, maka syaratnya tanah atau lahan harus terbebas dari rumput liar supaya ketika kita menanam padi rumput liar tidak mencuri nutrisi untuk padi. Tidak hanya itu saja, tanah pada media sawah juga harus basah serta telah digemburkan terlebih dahulu.
  2. Memilih Benih Padi, hal ini dilakukan apabila hendak menanam padi. Pemilihan benih padi harus yang baik dan berbobot agar dapat menghasilkan padi yang berkualitas dan bagus.
  3. Proses Persemaian, dilakukan setelah kamu menilih benih yang berbobot dan telah diuji atau tes dalam air. Menyemai bibit padi ini ada takarannya loh! Yakni 1:20 antara lahan sawah dan juga lahan penyemaian.
  4. Menanam benih, Nah! Pada proses penanaman dilakukan apabila bibit padi telah tumbuh daun dengan sempurna.

 

Itulah langkah menanam padi yang baik beserta urutannya, ya! Setelah penanaman, sebenarnya masih terdapat proses lainnya yang berupa perawatan tanaman padi agar terbebas dari hama dan gulma hingga proses panen padi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *