5 Cara Memutihkan Kembali Kulit Wajah Yang Terbakar Sinar Matahari



 

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki ratusan pantai dengan pemandangan yang eksotis. Tentunya, sehabis anda pulang ke pantai, anda pun akan mendapati kulit menjadi lebih kusam dan gelap. Kali ini akan diulas beberapa cara memutihkan kembali kulit wajah yang terbakar sinar matahari. Simak ulasan selengkapnya.

Tips Memutihkan Kulit Wajah yang Terkena Sunburn

  1. Gunakan Masker Tomat

Buah yang identik dengan warna merah ini memang dikenal memiliki kandungan lycopene. Dimana antioksidan satu ini memiliki fungsi sebagai tabir surya yang alami untuk kulit. Tak hanya berfungsi sebagai tabir surya, antioksidan tersebut juga memiliki manfaat untuk mengurangi peradangan pada kulit akibat sunburn.

Sehingga dengan kandungan lycopene yang ada di dalam tomat memiliki fungsi untuk memperbaiki sel kulit yang rusak. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu untuk menghancurkan satu buah tomat. Kemudian, gunakan tomat hancur tersebut menjadi masker dan diamkan selama 10 menit di wajah. Barulah anda bisa membilasnya.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya memang dikenal sebagai tanaman yang bagus untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit. Salah satu cara memutihkan kembali kulit wajah yang terbakar sinar matahari adalah dengan menggunakan lidah buaya. Disini, anda pun bisa melakukan perawatan sendiri di rumah.

Petiklah tanaman lidah buaya dan ambillah dagingnya yang memiliki bentuk gel. Kemudian, campurkan daging lidah buaya tersebut dengan menggunakan air lemon atau jeruk nipis. Selanjutnya oleskan pada wajah yang terkena sunburn. Lalu, diamkan selama beberapa menit dan bilas menggunakan air dingin. Untuk hasil maksimal, anda bisa menggunakannya setiap hari secara rutin.

  1. Scrub Dengan Gula dan Lemon

Scrub juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi kulit wajah gelap akibat terkena sunburn. Dengan dua bahan alami tersebut, ternyata memiliki dua khasiat yakni mampu mencerahkan kulit dan membuatnya mengelupas. Untuk cara memutihkan kembali kulit wajah yang terbakar sinar matahari dengan menggunakan scrub gula dan lemon cukup mudah.

Anda hanya perlu mencampurkan jus lemon dan gula pasir dalam satu wadah. Selanjutnya, oleskan pada wajah secara merata. Usahakan gunakan gerakan memutar untuk agar mampu mencerahkan wajah yang terbakar. Lakukan hal tersebut selama 15 menit, lalu kemudian bilas menggunakan air dingin. Apabila anda memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya hindari cara ini agar kulit tidak iritasi.

  1. Kombinasi Madu dan Lemon

Ketika anda mencampurkan air lemon dan madu, ternyata kedua bahan tersebut memiliki kandungan ascorbic acid. Dengan adanya kandungan tersebut mampu membuat kulit wajah menjadi lebih cerah. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan kedua bahan tersebut dan mengoleskannya secara merata di wajah. Lalu bilas dengan menggunakan air dingin.

  1. Pepaya

Buah satu ini juga dapat menjadi salah satu cara memutihkan kembali kulit wajah yang terbakar sinar matahari. Hal ini dikarenakan pada pepaya memiliki kandungan lycopene yang membuat kulit menjadi lebih sehat dan lembut. Caranya adalah dengan mengambil buah pepaya sebanyak seperempat dan hancurkan. Pasta tersebut bisa langsung anda oleskan ke kulit wajah.

Tak hanya bahan alami saja, saat ini banyak pabrik kosmetik yang juga menggunakan bahan bahan alami dalam campurannya. HalĀ  ini dikarenakan bahan alami terbilang cukup aman digunakan untuk membuat kulit tampak lebih sehat dan cerah setelah terkena sinar matahari. Bagi anda yang ingin untuk mendapatkan kulit cerah dengan bahan alami, anda bisa menggunakan cara tersebut.