Cara Membuat Donat Empuk Dan Mengembang Sempurna Untuk Camilan



Membuat camilan untuk dikonsumsi sendiri atau untuk sandingan saat tamu berkunjung merupakan hal yang menyenangkan dilakukan. Pasalnya, anda tidak perlu membeli mahal camilan yang ada di toko. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan, anda bisa membuat sendiri di rumah dan bisa juga membuat kreasi camilan yang sesuai keinginan dan selera anda. Salah satu camilan yang bisa anda buat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan proses yag ditak terlalu sulit adalah donat. Donat merupakan camilan enak yang disukai setiap orang dalam segala usia. Dalam setiap perjamuan juga, donat menjadi camilan makanan yang cocok dihidangkan dengan berbagai sajian minuman. Berikut cara membuat donat empuk yang bisa dilakukan sendiri dengan mudah di rumah.

Namun sebelum membuat donat, sebaiknya siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang digunakan untuk membuat donat. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain tepung terigu secukupnya, gula pasir, garam, mentega, susu cair, kuning telur, ragi instan, baking powder, dan air secukupnya. Sedangkan untuk bahan olesan bagian atas donat bisa disesuaikan dengan selera. Hal pertama yang dilakukan untuk membuat donat adalah mencampurkan seluruh bahan-bahan yang telah disebutkan dengan takaran yang benar dan agar tidak terjadi ketidakseimbangan rasa pada adonan. Selama proses mencampur bahan, gunakan tangan kosong untuk mencampur semua bahan tersebut menjadi satu yang kemudian diuleni. Diuleni merupakan sebutan untuk mengaduk dan mencampur adonan menggunakan tangan kosong. Adonan diuleni hingga menjadi kalis dan licin dalam jangka waktu tertentu.

Setelah adonan dirasa kalis dan tidak lengket ditangan, diamkan adonan tersebut agar mengembang. Bagi anda yang menginginkan donat dengan ukuran mengembang tertentu, bisa tambahkan baking powder lebih pada saat mencampurkan adonan. Setelah adonan mengembang dengan sempurna dan sesuai keinginan anda, buat donat menggunakan cetakan donat agar lebih cepat dan mudah. Setelah donat sudah dicetak, goreng donat kedalam minyak panas hingga berwarna coklat. Saat donat sudah berwarna coklat, angkat donat kemudian tiriskan. Setelah donat dirasa tidak panas, anda bisa melakukan kegiatan dekorasi pada donat sesuai dengan topping yang diinginkan dan selera anda.