Cara Kirim Barang Lewat Kantor Pos



POS merupakan salah satu penyedia layanan ekspedisi di Indonesia. Perusahaan ini merupakan salah satu BUMN yang hadir melayani masyarakat di Indonesia. Jika kamu tertarik untuk menggunakannya, artikel ini akan membahas mengenai cara kirim barang lewat kantor POS.

Cara mudah mengirim barang melalui kantor POS

Pada dasarnya cara kirim barang lewat kantor POS tidaklah rumit untuk dilakukan. Caranya mirip dengan menggunakan jasa ekspedisi lain milik swasta. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan kelebihan tersendiri ketika memilih menggunakan layanan dari POS.

Siapkan barang yang hendak dikirim dengan baik

Langkah awal yang harus kamu persiapkan adalah menyiapkan barang yang akan dikirim sedemikian rupa. Pastikan bahwa kamu mengemasnya dengan rapi. Perhatikan juga agar barang tersebut tetap aman ketika dikirim menggunakan jasa ekpedisi.

Tidak semua barang bisa dikirimkan menggunakan layanan PT. POS Indonesia. Untuk itu, kamu bisa memeriksa terlebih dahulu kebijakan pengiriman barang melalui website resminya. Hal tersebut karena beberapa barang dengan kriteria tertentu mengharuskan pengemasan khusus.

Sebagai contoh adalah dokumen. Jika kamu mengirimkan barang berupa dokumen, sebaiknya kirimkan barang tersebut dengan rapi. Biaya pengiriman dokumen juga berbeda dengan barang lain yang biasanya diukur berdasarkan ukuran dan berat.

Sementara itu, barang yang rawan pecah seharusnya dilapisi dengan tambahan bubble wrap. Pastikan kamu mengemasnya dengan berhati-hati agar barang tersebut tidak pecah ketika diangkut menggunakan jasa ekspedisi.

Cantumkan alamat pengirim dan penerima

Pada bagian kemasan luar, kamu diwajibkan untuk menulis alamat pengirim dan penerima dengan lengkap. Semakin lengkap alamat yang ditulis, maka kemungkinan barang tersebut sampai juga akan semakin besar. Untuk menulis alamat, disarankan untuk menggunakan kertas putih dan spidol agar tulisan bisa terlihat jelas.

Beberapa hal yang harus kamu tuliskan antara lain:

  • Nama pengirim.
  • Nama penerima.
  • Nomor telepon pengirim.
  • Nomor telepon penerima.
  • Alamat pengirim.
  • Alamat penerima.

Alamat yang dituliskan sebaiknya meliputi nama jalan hingga nomor rumah. Semakin lengkap alamat akan membuat persentase barang terkirim menjadi semakin baik juga.

Pada bagian luar barang, tidak disarankan untuk menulis isi barang. Tentunya ini demi keamanan dan keselamatan barangmu. Kamu bisa menuliskan jenis barangnya saja apakah pecah belah atau barang dengan jenis tertentu.

Periksa jenis paket yang tersedia di PT. POS Indonesia

POS adalah layanan ekspedisi milik negara yang sudah memiliki website sendiri. Hal tersebut tentunya memudahkan para pelanggannya untuk mendapatkan informasi secara detail. Salah satu informasi yang bisa kamu dapatkan adalah ongkos kirim dari pengiriman suatu barang.

Untuk bisa mengetahui berapa ongkos kirim barangmu, kamu harus mengisi sebuah isian di website POS. Besarnya ongkos kirim akan ditentukan dari seberapa jauh alamat yang dituju dan seberapa besar ukuran dari barang yang akan kamu kirim tersebut.

Datangi Kantor POS terdekat

Jika kamu sudah yakin untuk menggunakan layanan dari POS, selanjutnya kamu bisa mendatangi kantor POS terdekat di kotamu. Biasanya, terdapat satu kantor POS disetiap kecamatan. Selain itu, di sebagian desa juga memiliki semacam counter yang bisa digunakan.

Bawalah barang yang sudah dikemas dengan rapi ke Kantor POS tersebut. Nantinya barang tersebut akan diukur dan ditimbang sedemikian rupa untuk menentukan berapa ongkos kirim yang harus kamu bayarkan.

Kamu juga bisa menginformasikan jika ingin menggunakan layanan tertentu. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan POS Kilat untu mengirim barang dengan waktu yang singkat. Tentunya akan ada tambahan biaya lagi jika kamu memilih layanan POS lain yang jauh lebih cepat.

Setelah barang diterima, diukur, dan ditimbang maka kamu akan mendapatkan informasi harga yang harus dibayar. Silahkan bayar paket tersebut dan tunggulah barang tersebut diantar ke alamat yang dituju.

Terima bukti pengiriman

Setelah transaksi dinyatakan lunas, kamu akan diberikan bukti pengirman yang sah. Di dalam bukti pengiriman ini, kamu juga akan menemukan nomor resi. Nantinya nomor resi ini bisa kamu gunakan untuk memeriksa status pengiriman barang tersebut.

Untuk mengetahui status pengeriman barang, kamu bisa memeriksanya melalui website resmi PT. POS Indonesia. Nantinya kamu akan diminta untuk memasukkan nomor resi tersebut. Setelah berhasil mengisi nomor resi, kamu akan mendapatkan informasi mengenai paketmu.

Kesimpulan

Mengirim paket melalui PT. POS Indonesia tidaklah rumit. Cara yang harus dilakukan sama seperti saat mengirim barang menggunakan jasa ekspedisi lain. Bedanya, PT. POS Indonesia merupakan perusahaan Dispatch services for owner operators milik negara yang sudah memiliki jaringan cukup luas di Indonesia.

Selain itu, ongkos kirim yang ditawarkan oleh pihak PT. POS Indonesia biasanya lebih murah dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Tentunya hal ini menjadi keuntungan tersendiri untukmu yang sedang mencari layanan ekpedisi dengan harga terjangkau.

Meski harga yang ditawarkan termasuk murah, bukan berarti kualitas pelayanan yang diberikan menjadi tidak jelas. Kamu akan mendapatkan pelayanan profesional mengingat PT. POS Indonesia merupakan pemain lama di industri ini.

Demikianlah artikel singkat, padat, dan jelas mengenai cara kirim bawang lewat kantor POS. Dengan adanya artikel ini, diharapkan bisa membantu kamu yang hendak mengirimkan barang menggunakan POS. Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *