Cara Ampuh Untuk Membasmi Rumput Liar



Rumput liar atau tanaman pengganggu atau gulma merupakan tanaman yang banyak dimusuhi oleh orang-orang. Hal ini disebabkan karena rumput liar dapat mengganggu pertumhuhan tanaman, merusak keindahan, bahkan merusak rumah.

 

Klasifikasi Dan Jenis-Jenis Gulma

Anda perlu mengetahui jenis-jenis gulma yang ada di dunia. Berikut ini, jenis-jenis gulma:

  • Golongan daun lebar

Gulma jenis ini memiliki daun yang lebar dan umumnya merambat

  • Golongan rumput

Golongan ini merupakan golongan rumput liar yang sering dijumpai disekitar kita. Gulma jenis ini meliputi rumput belulang, alang-alang, dan lain sebagainya.

  • Golongan teki

Gulma jenis ini memiliki batang yang berbentuk segitiga, namun ada juga yang memiliki batang berbentuk bulat tak berongga

 

Cara Membasmi Rumput Liar

Agar tanaman Anda terhindar dari rumput liar atau gulma, Anda dapat melakukan pencabutan gula secara manual. Namun tentunya gulma atau tanaman pengganggu pasti akan tumbuh kembali. Nah berikut ini tips untuk membasmi rumput liar:

  1. Cuka

Penggunaan cuka ternyata mampu membasmi rumput liar yang membandel loh. Anda cukup mencampurkan cuka dengan cairan sabun cuci piring, kemudian semprotkan secara merata pada gulma yang mengganggu.

  1. Air mendidih

Melakukan penyiraman dengan menggunakan air mendidih dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin membasmi gulma namun enggan untuk membeli obat pembasmi gulma. Anda cukup menyiramkan air mendidih ke gulma atau tanaman pengganggu, dan seketika gulma pun mati.

  1. Herbisida

Obat pembasmi tanaman pengguanggu atau gulma yang paling mujarab. Obat ini mampu mematikan rumput liar sampai ke akar-akarnya. Anda dapat dengan mudah membeli herbisida pada toko tanaman terdekat.

  1. Bensin

Anda dapat menggunakan bahan kimia yang sangat keras, yaitu bensin. Bensin mengandung zat kimia yang dapat membasmi rumput liar dan mencegahnya tumbuh kembali.

  1. Garam

Bahan yang mudah ditemukan di rumah ini ternyata mampu digunakan untuk membasmi gulma loh. Anda cukup menebar garam secukupnya ke tempat dimana terdapat rumput liar

  1. Sabun

Sabun yang sering dipakai sehari-hari juga dapat membasmi rumput liar. Anda cukup mencampurkan air sabun dengan cuka, kemudian menyemprotkan secara merata ke tempat dimana terdapat banyak rumput liar yang mengganggu

  1. Belerang

Jika Anda bertempat tinggal didekat gunung, anda dapat memanfaatkan belerang sebagai bahan campuran untuk membasmi gulma. Anda cukup membuat larutan belerang dan menyemprotkan secara merata larutan belerang ketempat dimana banyak terdapat gulma

 

Pertumbuhan rumput liar atau gulma akan mudah dikendalikan jika Anda paham cara membasminya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *