Burung Jalak Suren dan Makanan yang Membuatnya Lebih Gacor



Makanan adalah sumber energi bagi hewan-hewan peliharaan. Karenanya, anda harus menentukan makanan apa saja yang sesuai dengan kebutuhan hewan peliharaan. Sama halnya untuk Burung Jalak Suren, di mana perlu diketahui makanan apa saja yang cocok untuknya. Jika tidak, dapat terjadi masalah pada kesehatan burung, termasuk kerusakan pada suara yang dimilikkinya.

Jika hal ini terjadi, tentunya burung tidak dapat diikutkan dalam perlombaan atau kontes. Untuk itu, penting memahami apa saja makanan yang cocok untuk Jalak Suren. Karenanya, pada kesempatan ini, akan disampaikan beberapa penjelasan tentang makanan yang dapat dikonsumsi Jalak agar memiliki suara yang lebih merdu. Makanan apakah yang dimaksud?

4 Makanan Terbaik Untuk Burung Jalak Suren

Inilah beberapa pilihan makanan yang cocok untuk Jalak Suren lebih gacor dan berkualitas. Penjelasan lebih lanjut tentang makanan yang dimaksud, akan dijelaskan dibawah ini.

  1. Serbuk Lembut

Serbuk lembut dikenal pula dengan pasir, hal ini memang berbeda namun dibutuhkan oleh burung. Serbuk lembut digunakan untuk memperlancar proses pencernaan burung. Jika tidak menemukan pasir lembut, anda dapat memanfaatkan genteng yang telah dihaluskan sebagai gantinya. Siapkan makanan ini di wadah dan biarkan burung mengonsumsinya.

unsplash.com
  • Extra Fooding

Nama lain dari makanan ini adalah EF yang dikenal sebagai makanan tambahan. Makanan tambahan ini merupakan makanan yang selalu dicari Jalak Suren selama di alam bebas. Karenanya saat sedang dipelihara, ada baiknya menyiapkan makanan ini sebagai pendamping. Beberapa makanan tambahan yang dapat diberikan adalah kroto, belalang hingga jangkring.

  • Voer

Makanan yang satu ini tidak pernah lepas dari burung kicau. Karenanya ini termasuk sebagai makananan yang dapat diberikan pada Jalak Suren. Pemberiannya dapat diberikan secara berkala dengan memperhatikan merk dan kandungan yang ada didalamnya. Jika diberikan berlebihan, burung dapat mengalami kerontokan pada bulu atau warna yang memudar.

  • Buah-Buahan Segar

Makanan berikutnya yang dapat dijadikan pilihan adalah buah-buahan segar. Hampir seluruh jenis buah-buahan dapat diberikan untuk burung. Namun usahakan untuk memberikannya pisang agar ager lebih mudah dikonsumsi. Jika mulai bosan, cobalah memberikan apel merah sebagai pilihan makanan pengganti. Pilih pula Pepaya sebagai pelengkap nutrisi dan vitamin burung kesayangan.

Setiap makanan di atas, dapat diberikan secara berulang. Namun perhatikan konsistensi pemberian makanan. Jangan berlebihan namun jangan kekurangan, karena dapat memberikan dampak buruk pada burung. Penasaran dengan masalah-masalah yang mungkin terjadi pada burung, pengicau.net akan memberitahu jawabannya..

pickupimage.com

Cara Budidaya Burung Jalak Suren

Jalak Suren adalah burung yang banyak dibudidaya di Indonesia. Tertarik untuk membudidayakan Jalak Suren di rumah? Penting memahami cara melakukannya, dibawah ini

  • Pemilihan Indukan

Dalam rencana membangun budidaya Jalak Suren, hal pertama yang harus anda tahu adalah pemilihan indukan. Indukan yang dipilih haruslah indukan yang terbaik, sehingga membuahkan hasil ternak yang berkualitas juga. Untuk memilihnya, cobalah untuk memilih Jalak Suren yang telah jinak dan benar-benar siap untuk dikawinkan.

  • Pembuatan Kandang

Berikutnya, anda harus membuat kandang, pembuatan kandang harus dibuat sangat nyaman. Buatlah ukuran yang cukup besar, yaitu ukuran 2x1x2.5 meter. Namun jika terdapat keterbatasan ruang, cobalah untuk membuat lebih kecil sesuai dengan kebutuhan. Bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan kandang ini adalah kawat ram dan batu bata.

  • Penjodohan Indukan

Sebelum melakukan perkawinan, anda harus melakukan perjodohan dulu terhadap indukan. Ini penting dilakukan, agar tidak terjadi perkelahian dalam kandang. Cara melakukan perjodogan adalah buat dua burung berada dalam kandang yang terpisah. Dan usahakan keduanya dapat saling melihat. Jika terdapat tanda bahwa burung saling menyukai pindahkan keduanya.

  • Pakan Indukan

Setelah dirasa cocok, anda harus menyiapkan bagian penting lainnya. Dalam hal ini dibutuhkan pakan yang berkualitas untuk mendukung terbentuknya ternakan yang sehat. Makanan yang dapat diberikan adalah ulat hongkong, jangkring dan pisang khusus. Makanan yang baik, dapat menghindarkan burung dari bakteri maupun penyakit yang dapat menyerang.

  • Perawatan Kandang

Selama proses kawin, burung akan menghabiskan waktu lebih lama di dalam kandang. Hal ini perlu anda perhatikan secara berkala, di mana dilakukan pembersihan saat kandang mulai kotor. Pembersihan dilakukan untuk menjaga kenyamanan burung selama dalam kandang. Jangan lupa untuk memandikan burung setiap harinya, agar burung terhindar dari virus membahayakan.

rgbstock.com
  • Perawatan Anakan

Induk yang telah kawin kemungkinan akan bertelur seminggu kemudian. Burung akan mengeraminya hingga telur menetas. Di sinilah anda harus merawat burung secara mandiri. Burung harus dimasukkan dalam inkubator dan diberikan makanan-makanan tertentu. Setelah burung cukup besar, barulah burung dapat mengonsumsi makanannya sendiri.

  • Ulangi Kembali

Saat anda berhasil menernakan burung dan anakan dinilai sehat, ulangi kembali cara-cara di atas. Cara ini juga dapat diterapkan untuk burung-burung lainnya. Tapi jika masih penasaran dengan berbagai berita tentang Jalak Suren, cobalah mencari tahu melalui pengicau.net.

Tertarik untuk membudidayakan Burung Jalak Suren? Ikutilah cara budidaya di atas, untuk mendapatkan anakan yang sehat. Setiap langkah harus dijalankan secara perlahan agar mendapatkan hasil yang maksimal.