Yuk Simak 6 Jenis Usaha Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil

0 Comment

Bertempat tinggal di suatu desa terpencil sekalipun,tidak akan menyurutkan anda untuk membuka usaha untuk merubah perekonomian keluarga. Walaupun letaknya terpencil, namun anda bisa memanfaatkan potensi alam yang telah disediakan Tuhan. Membuka usaha tergantung dari pintarnya melihat jenis usaha dan modal yang disediakan. Ada beberapa ide usaha bisnis rumahan yang bisa dijadikan inspirasi, berikut ulasannya.

Peluang Mendirikan Usaha Di Desa

Membuka Jasa Laundri

Menempati sebuah desa buka berarti jauh dari teknologi, terutama untuk membuka jasa laundri. Walaupun letaknya yang jauh dari pusat kebisingan, desa telah merubah citra diri mereka secara perlahan. Salah satu bentuk perubahan tersebut dilihat dari penggunaan mesin cuci yang sudah menyebar di berbagai desa. Masyarakat desa juga bisa membuka jasa laundri untuk mereka yang terlalu sibuk untuk sekedar mencuci pakaian kotor.

Jasa laundri bisa dijadikan sebagai bisnis rumahan alternatif yang menghasilkan laba menjanjikan. Dengan menyasarkan pada mereka yang sibuk bekerja, membuka laundri bisa menjadi solusi yang dicari masyarakat desa dari dulu. Memanfaatkan jasa dan layanan yang ada, dianggap lebih irit dan dapat menghemat waktu. Untuk memulainya pun tidak memerlukan modal yang terlalu besar, karena bisa memanfaatkan alat eletronik pribadi yang ada di hunian anda.

Apabila hunian dekat dengan pusat kegiatan warga seperti kantor ataupun perumahan warga, meningkatkan peluang larisnya usaha laundri anda. Hal ini tentu menguntungkan kedua belah pihak, karena menerima laba dari jasa yang diberikan dan para warga terbantu dengan adanya jasa yang ditawarkan. Berikan promo menarik untuk meningkat daya tarik masyarakat. Simbiosis menguntungkan, terdapat tali persaudaraan yang semakin erat.

pxhere.com

Sedikan Pom Mini

Semakin memasuki pelosok daerah, ketersediaan bahan bakar kendaraan semakin langka ditemui. Namun pengguna kendaraan di desa sudah mulai menyeruak di berbagai sudut. Melihat adanya keluhan tersebut, terciptalah sebuah pom mini sebagai bisnis rumahan yang menyebar di beberapa daerah. Terutama daerah yang susah mendapatkan bahan bakar namun padat pengguna kendaraan, ada baiknya untuk memulai usaha satu ini.

Peluang meraih keuntungan melalui pom mini, bisa dirasakan bagi pemilik rumah yang berdekatan dengan jalan utama ataupun jalan yang banyak dilewati masyarakat. Untuk memulai usaha satu ini memerlukan modal yang sedikit lebih tinggi, namun keuntungannya berkali kali lipat. Menurut dari beberapa sumber yang didapatkan, untuk harga 1 unit mesin  saja berkisar Rp. 10 jutaan dengan model biasa.

Memiliki dana lebih, dapat diinvestasikan membuka usaha pom mini di desa tercinta. Apabila ingin memulai bisnis ini dengan serius, anda bisa menyediakan setidaknya dana sebesar Rp. 12 juta. Modal yang diperkiran ini tidak akan sama di berbagai daerah sebab tergantung dari lokasi, dana untuk pengiriman alat, dan masih banyak lagi. Agar tidak merugi atau kekurangan dana di tengah jalan, ada baiknya untuk mematangkan rencana tersebut.

Warung Kelontong Untuk Kebutuhan Sehari Hari

Memulai bisnis rumahan dengan memperhatikan kebutuhan utama masyarakat,memang dapat mendatangkan keuntungan berlipat. Salah satu bentuk usaha yang paling banyak ditemui di pedesaan, adalah adanya warung kelontong ataupun warung sembako. Belum lagi jika anda menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari hari, ada kemungkinan akan banyak diburu masyarakat sekitar.

Kehadiran warung kelontong, dianggap memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan setiap harinya. Tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih untuk pergi ke pasar, karena mereka cukup berjalan beberapa langkah untuk mendapatkan semua kebutuhan. Kemudahan yang diberikan inilah, yang menjadikan warung kelontong menjamur di beberapa tempat. Selain menjajakan kebutuhan pokok, bisa diselipkan dengan menjual barang lainnya, seperti pulsa.

Penghasilan dari bisnis rumahan ini memang tidak seberapa, namun bisa disiasati dengan manajemen yang baik. Laba yang diterima dari usaha kecil ini, juga mampu dijadikan sebagai penghasilan untuk membiayai biaya hidup setiap harinya. Agar warung banyak didatangi oleh masyarakat, bisa menggunakan cara dengan meningkatkan layanan yang diberikan. Anda  juga bisa menyediakan beberapa barang yang banyak dicari masyarakat dan dijual dengan harga miring.

pxhere.com

Usaha Menjul Hasil Pertanian

Sejak dahulu, kegiatan bertani memang identik dengan desa. Sebab, daerah pedesaan memungkinkan anda untuk mendapatkan sumber daya alam melimpah yang tidak mudah ditemui jika berada di perkotaan. Lahan yang subur, membuat segala tanaman tumbuh baik dengan kualitas jempolan. Untuk memanfaatkan lahan yang ada, anda bisa membuat bisnis dari tumbuhan yang ditanam.

Terutama bagi anda yang mempunyai hobi atau memiliki kemampuan bertani, bisa mencoba usaha satu ini. Hamparan lahan luas dan suburnya tanah, dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk ditanami beberapa jenis tumbuhan. Dianjurkan untuk menanam tumbuhan yang dapat menghasilkan keuntungan dan dapat diambil setiap harinya. memiliki lahan pertanian sendiri, dirasa mampu mengehmat pengeluaran untuk membeli bahan pokok masakan.

Apabila masyarakat kota lebih sering mencari hasil produk dari pertanian, maka masyaarakat desa lebih produktif untuk menghasilkan berbagai porduk hasil alam yang mendatangkan keuntungan. Bisnis rumahan bisa dijadikan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari mengkonsumsinya atau dijualkan kembali.  Agar laba semakin tinggi, pasarkan ke luar daerah yang sekiranya membutuhkan produk pertanian.

pxhere.com

Membuka Bengel Kendaraan

Jika membayangkan daerah pedesaan, tentu identik dengan kendaran tradisional yang ramah lingkungan. Namun hal ini perlahan terkikis dan digantikan dengan kendaraan bermotor. Sudah banyak sekali warga desa yang telah memiliki kendaraan bermotor, entah itu digunakan untuk kebutuhan bertani atau memang digunakan secara pribadi. Penggunanya yang banyak, menjadikan peluang untuk mendirikan usaha bengkel yang menyediakan spare part kendaraan.

Memulai usaha bengkel, tidak harus lengkap secar aotomatis. Mulailah dari membuka bengkel dengan layanan tambal ban atau sekedar mengisi angin ban kendaraan. Perlahan, kembangkan dengan layanan cuci kendaraan, dan berlanjut menjual ban ori dan spare part kendaraan lainnya.  Perjalanan perlahan namun pasti, mampu mendatangkan keuntungan tersendiri. Usaha yang dilakukan bertahap, dirasa tidak memerlukan modal yang terlalu besar.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nilai penjualan usaha. Mulai dari memberikan layanan dengan ramah, memberikan tips untuk merawat kendaraan pribadi, atau sekedar berbincang ramah dengan pelanggan. Pelayanan terbaik merupakan salah satu cara terbaik untuk menarik pelanggan berkunjung. Jika kualitas pelayanan terus ditingkatkan, anda akan mendapatkan pelanggan setia. Bisnis rumahan ini, patut dicoba untuk menambah pemasukan dana.

Setiap adanya keluhan masyarakat, bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang menghasilkan keuntungan berlipat. Untuk mendapatkannya, anda hanya perlu melihat adanya berbagai  peluang dari kebutuhan masyarakat saat ini. Tinggal di sebuah desa seharusnya tidak menyurutkan minat untuk membuka usaha, sebab desa memiliki potensi usaha yang berbeda jika dibandingkan dengan perkotaan.

 

 

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *