Saatnya Raih Sukses Dari Bisnis Barbershop



Meskipun terlihat biasa saja tapi ternyata bisnis barbershop tanpa disadari mampu menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Wajar saja jika bisnis ini perkembangannya bisa dikatakan cukup pesat. Bahkan mungkin belum banyak yang tahu jika bisnis yang terlihat simpel ini mampu mendatangkan omzet hingga puluhan juta rupiah.

Perkembangan bisnis ini sebenarnya berbanding lurus dengan meningginya selera fashion kaum pria. Maka dari itu, kenapa tidak Anda jadikan sebagai pendorong untuk memulai membangun kerajaan bisnis Anda.

Memilih Lokasi Bisnis

Untuk memulai sebuah bisnis, apapaun itu jenisnya, lokasi bisnis adalah salah satu faktor penting yang harus ditentukan dengan sangat matang. Dan hal inipun berlaku juga ketika ingin mendirikan usaha barbershop. Pasalnya semakin strategis lokasi yang dipilih, semakin besar peluang bisnis Anda akan dikenal orang.

Hal semacam ini sebenarnya berlaku juga untuk bisnis franchise atau waralaba. Meskipun merk dagang sudah sangat populer, tetapi memilih lokasi yang strategis tetap dibutuhkan untuk mendongkrak minat pelanggan.

Oleh sebab itu sebaiknya pilihlah lokasi sesuai dengan target yang Anda tentukan. Misalnya saja jika target yang Anda tuju adalah mahasiswa, maka lokasi sekitar kampus atau kos-kosan adalah lokasi terbaik yang bisa dipilih.

unsplash.com

Barber Yang Handal

Setelah selesai dengan urusan lokasi bisnis barbershop, kini saatnya memilih seorang barber yang handal. Pasalnya dalam bisnis ini, seorang barber bisa menjadi kunci utama sukses tidaknya bisnis.

Artinya memilih seorang barber yang sudah memiliki segudang pengalaman dalam urusan pangkas-memangkas rambut adalah sebuah keharusan. Lalu bagaimana cara memastikannya?

Sebaiknya pastikan keahliannya tidak hanya secara teknis saja. Namun pastikan juga jika barber tersebut mampu memberikan pelayanan yang prima, misalnya saja seperti sopan dan ramah terhadap para pelanggan. Bahkan pastikan juga jika sang barber memiliki kemampuan memberikan solusi terbaik untuk para pelanggan.

Dengan pelayanan prima seperti ini, para pelanggan secara otomatis akan merasa puas. Sehingga pada akhirnya mereka tidak ragu lagi untuk kembali ke barbershop Anda. Bahkan ada kemungkinan juga mereka akan merekomendasikan barbershop Anda ke teman-temannya.

unsplash.com

Buat Ruangan Senyaman Mungkin

Pada saat tertentu ketika pelanggan datang tidak langsung dicukur karena harus menunggu giliran atau antrian. Yang perlu diingat jika menunggu adalah salah satu hal yang sangat membosankan bagi siapapun.

Untuk mengantisipasi hal semacam ini, Anda bisa menjembataninya dengan cara menciptakan ruangan barbershop senyaman mungkin. Mungkin ini bisa dijadikan sebagai ciri khas pembeda antara barbershop Anda dengan para kompetitor.

Contoh sederhananya Anda bisa memisahkan ruang tunggu dengan ruang cukur. Anda bisa menyediakan kursi yang nyaman untuk tempat mencukur rambut. Selain itu Anda juga bisa melengkapinya dengan menambahkan berbagai fasilitas penunjang lain seperti WiFI, AC, TV, buku dan majalah, bahkan Anda juga bisa membuat mini kafe juga.

Meskipun demikian, hal penting lain yang harus tetap diperhatikan dalam hal ini adalah berkaitan dengan target pasar. Maksudnya adalah sebisa mungkin sesuaikan fasilitas bisnis barbershop Anda dengan target yang sudah Anda bidik.

unsplash.com

Selalu Berinovasi Pada Bisnis Barbershop

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk menarik pelanggan. Artinya selalu membuat terobosan-terobosan atau inovasi-inovasi baru adalah hal yang tidak bisa Anda hindari. Apalagi kini cukup banyak kompetitor yang siap menyabet pelanggan setia Anda.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menerapkan sistem yang menarik pada tempat usaha barbershop Anda. Cobalah mulai dengan menggunakan sistem booking atau order. Sebab dengan sistem ini pelanggan tidak perlu lagi menunggu antrian terlalu lama. Pasalnya semuanya sudah terjadwalkan dengan baik.

Selain itu Anda juga bisa mencoba untuk membuat sistem voucher. Maksudnya bagaimana? Misalnya saja seperti ini, pelanggan yang me-review barbershop Anda lewat media sosial akan diberikan potongan harga. Atau pelanggan akan mendapatkan gratis cukur setelah datang beberapa kali.

Di atas tadi jika diperhatikan sebenarnya hanya beberapa langkah pada saat ingin memulai bisnis barbershop. Artinya belum menyentuh ke ranah pengembangan bisnis. Namun sebelum mengembangkan bisnis, Anda harus tetap memikirkan kondisi keuangan tempat usaha Anda.

Dengan demikian, Anda nantinya akan lebih mudah dalam membuat strategi yang lebih tepat untuk mengembangkan bisnis. Setelah itu, kelola dengan memanfaatkan Aplikasi kasir. Ini adalah software yang bisa membantu Anda melihat kondisi keuangan bisnis kapanpun dan dimanapun. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi kasir ini Anda bisa mengelola keuangan bisnis barbershop dengan lebih mudah, cepat, dan akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *