Manfaat Belajar Membaca Alquran Sampai Lancar

0 Comment

Membaca alquran memang menjadi salah satu keharusan yang dikerjakan oleh kaum muslimin. Alquran merupakan kitab suci yang wajib dipahami maknanya serta dijalankan. Alquran merupakan petunjuk bagi kaum muslimin untuk menjalankan kehidupan. Tanpa memahami makna alquran maka mustahil kaum muslimin dapat menjalankan petunjuk yang dianugerahkan kepada kaum muslimin melalui alquran. Namun sayangnya tidak semua kaum muslimin memahami cara membaca alquran. Sehingga wajib belajar membaca alquran agar bisa memahami maksud yang terdapat di dalam alquran. Selain itu agar bisa menjalankan semua yang dituliskan di dalam alquran sebagai sebuah petunjuk wajib untuk kaum muslimin.

pixabay.com

Manfaat Belajar Membaca Alquran

Manfaat besar yang bisa diperoleh jika seseorang belajar membaca alquran sebenarnya cukup banyak. Salah satunya adalah mendapatkan pahala yang besar sebagai salah satu kegiatan ibadah. Membaca alquran merupakan kegiatan ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslimin. Sehingga belajar untuk membacanya juga merupakan kegiatan ibadah yang memiliki nilai pahala yag cukup besar. Besarnya nilai pahala yang akan diperoleh oleh orang yang mempelajarinya tentunya menjadi salah satu ganjaran istimewa untuk orang yang mau belajar untuk membacanya. Tentu saja hal ini menjadi salah satu nilai positif yang dkan didapatkan jika seseorang belajar untuk membacanya dengan benar. Jika tidak belajar membacanya maka pahala nilai ibadahnya tidak akan didapatkan.

Manfaat berikutnya dari belajar untuk membaca alquran adalah orang yang belajar membacanya akan belajar pula untuk memahami makna yang terkandung di dalam alquran. Apa yang tertuang di dalam alquran dapat dipahami dan dibaca dengan benar. Di dalam alquran terdapat banyak sekali petunjuk dan juga ilmu serta kewajiban dan apa yang dilarang oleh agama di dalamnya. Sehingga ketika seseorang memutuskan untuk belajar membacanya, maka khususnya orang itu sedang belajar untuk memahami apa yang ada dan tertulis di dalam alquran dengan benar. Sehingga semua yang ada di dalam alquran dapat dipahami isinya dan semakin mendapatkan kecintaan yang besar terhadap alquran dan isinya.

Manfaat yang berikutnya dari mempelajari alquran adalah seseorang akan belajar untuk mengamalkan apa saja yang menjadi kewajibannya di dalam alquran serta belajar untuk menjauhi semua yang dilarang oleh agama yang tercantum di dalam alquran. Nilai ini tidak akan dapat dilakukan oleh seseorang yang belum bisa membaca alquran. Sehingga bagi yang belajar untuk membacanya akan mengetahui apa saja yang penting untuk dijalankan serta apa saja yang harus dihindari yang tercantum di dalam alquran. Selain itu bisa mengetahui pula banyak kisah hebat yang diceritakan di dalam alquran sebagai bentuk pengajaran penting bag umat muslim. Kisah-kisah hebat tersebut sudah dicantumkan di dalam alquran ketika alquran diturunkan sebagai anugerah untuk kaum muslimin.

pixabay.com

Cara Belajar Membaca Alquran Secara Cepat

Bagi yang sedang berkeinginan untuk belajar membaca alquran ada beberapa cara cepat sekaligus efektif agar bisa lancar membaca alquran dengan segera. Cara pertama adalah seseorang harus mempelajari terlebih dahulu huruf-huruf dasar di dalam alquran. Di dalam alquran pada dasarnya memiliki sekitar 30 huruf dasar yang harus dipahami dan diketahui. Huruf dasar tersebut merupakan huruf yang tercantum di dalam alquran. Apabila tidak memahami huruf dasar yang tercantum di dalam alquran maka akan kesulitan saat belajar. Belajar mengenal dan memahami huruf dasar di dalam alquran menjadi salah satu hal mendasar sebelum mempelajari lebih dalam tentang bacaan alquran.

Kunci berikutnya agar lancar membaca alquran adalah mempelajari dan memahami tanda baca di dalam alquran. Di dalam alquran terdapat setidaknya 8 tanda baca dasar yang harus dipahami serta dikuasi oleh yang sedang belajar membacanya. Tanda baca wajib itu merupakan tanda baca dasar yang ada di dalam alquran yang harus benar-benar diperhatikan dan dipahami. Ketika sama sekali tidak bisa memahami tanda baca dasar yang ada di dalam alquran, maka mustahil untuk bisa mengerti setiap bacaan alquran dengan benar. Ilmu ini merupakan ilmu dasar yang harus dikuasai sebelum mulai membaca alquran dan belajar untuk membacanya dengan benar.

pixabay.com

Cara berikutnya adalah dengan menguasai ilmu tajwid. Ilmu tajwid merupakan ilmu mendasar dari bacaan alquran. Memang ilmu ini tidak mudah untuk dipalajari. Termasuk bagaimana panjang pendek dari bacaan alquran yang harus dibaca. Ilmu tajwid ketika sudah dikuasai dengan benar maka otomatis bacaan alquran akan menjadi benar dan juga paham dengan maknanya. Ilmu tajwid ini merupakan ilmu yang akan dikuasai seiring dengan seringnya membaca dan semakin seringnya belajar untuk membaca alquran. Semakin sering praktik membacanya, maka seseorang semakin mengenal dan memahami ilmu dasar tajwid yang menjadi kunci benarnya bacaan alquran. Semakin sering praktik dalam membaca alquran maka lama kelamaan ilmu bacaannya akan semakin benar.

Guna memperlancar bacaan alquran maka seseorang harus sering-sering membacanya agar tidak lupa dengan ilmu dasar untuk membaca alquran. Selain itu untuk lebih memahami makna di dalamnya juga penting sering-sering membaca alquran. Bukan itu saja nilai ibadah dari memahami alquran juga akan semakin besar nilainya.

 

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *