Bagian Bagian Paru Paru



Sama seperti organ lainnya, paru paru tersusun oleh organ organ lain yang lebih kecil untuk menunjang fungsinya. Paru-paru merupakan organ yang berfungsi untuk bernafas pada organisme vertebrata khususnya manusia.

Paru paru memiliki bentuk satu pasang, dimana dalam satu pasang terdapat paru paru kanan dan paru paru kiri yang memiliki ciri serta ukuran berbeda. Untuk ukuran paru paru kiri pada manusia dewasa memiliki bobot sekitar 325 sampai 550 gram sementara itu, paru-paru kanan memiliki berat 375 hingga 600 gram. Kedua paru paru terletak di rongga dada serta dilindungi oleh tulang rusuk

1. Pleura

Pleura atau selaput paru paru merupakan membran tipis yang memiliki dua lapis dan berfungsi untuk melapisi paru paru. Pada lapisan ini terdapat suatu cairan yang berfungsi sebagai pelumas rongga paru paru. Cairan ini disebut dengan cairan serous. Dengan adanya cairan ini maka saat paru paru berkontraksi serta berelaksasi tidak menimbulkan iritasi.

2. Bronkus

Bronkus merupakan cabang dari batang tenggorokan, letaknya ada di sebelum saluran paru paru serta setelah tenggorokan. Bronkus juga bisa disebut pertemuan antara tenggorokan dan paru-paru. Bronkus memiliki tugas penting yaitu untuk memastikan udara agar masuk dengan bagi dari saluran atas yaitu trakea hingga menuju ke alveolus. Tidak hanya itu, bronkus juga berfungsi untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

3. Bronkiolus

Percabangan dari bronkus yang memiliki ukuran lebih kecil dinamakan dengan bronkiolus. Fungsi dari bronkiolus adalah untuk menyalurkan udara dari bronkus ke alveolus. Selain itu bronkiolus juga memiliki peranan dalam mengontrol jumlah udara masuk serta yang di keluarkan pada proses pernafasan.

4. Alveoli

Alveolus adalah sebuah rongga cekung yang sekelilingnya adalah kapiler kecil. Di alveoli inilah merupakan tempat bertukarnya oksigen serta karbon dioksida. Nantinya apabila oksigen sudah diserap, maka darah yang mengalirkan karbon dioksida akan menuju alveolus untuk selanjutnya dihembuskan ke luar. Karbon dioksida merupakan zat beracun. Pertukaran ini ada pada dinding alveoli serta kapiler kapiler tipis.

5. Jaringan Interstisial Paru

Jaringan interstisial bisa juga disebut dengan jaringan yang terletak di luar saluran udara.