Bagaimana Suara Jerapah? Ketahui, Ini Faktanya



Pernahkah Anda mendengar suara jerapah? Bisakah Anda menirukannya? Mendengar dan menirukan suara-suara hewan lain seperti singa, gajah, sapi atau burung mungkin cukup mudah. Tetapi, bagaimana dengan suara seekor jerapah? Anda kini mungkin baru menyadari bahwa Anda belum pernah mendengar suara hewan ini. Hal ini sebenarnya wajar saja, mengingat jerapah merupakan hewan yang pendiam.

Jerapah memang seperti tidak pernah terdengar bersuara, bahkan sebagian besar orang menganggapnya bisu alias tidak memiliki suara. Padahal jerapah mempunyai pita suara seperti pada mamalia lainnya. Hanya saja karena lehernya yang panjang menyebabkan jerapah tidak bisa menggunakan pita suaranya. Jerapah juga tidak memproduksi suara dari mulutnya. Lantas, apakah benar jerapah tidak bersuara? Lalu bagaimana jerapah saling berkomunikasi satu sama lain?

Jerapah ternyata juga saling berkomunikasi melalui suara, hanya saja manusia tidak bisa mendengarnya. Hal ini merujuk pada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa jerapah memiliki suara meski suara tersebut sangat rendah atau yang disebut suara infrasonik. Cara jerapah membuat suara ini adalah dengan menggetarkan udara yang terdapat di sekitar lehernya hingga membuat bunyi tertentu.

Jadi suara jerapah bukanlah berasal dari pita suara, melainkan dari getaran udara pada lehernya. Alhasil, suara yang dihasilkan oleh jerapah sangat pelan atau bahkan tidak terdengar oleh manusia.