Bagaimana Manfaat Perdagangan Internasional Bagi Perekonomian Indonesia?



Jika dilihat dari segi manfaanya, kira-kira bagaimana manfaat perdagangan Internasional bagi perekonomian Indonesia? Memang secara sekilas tidak ada dampak yang signifikan. Namun sebenarnya perdagangan Internasional memiliki pengaruh serta manfaat yang cukup besar untuk perekonomian di Indonesia.

Perdagangan Internasional bisa dipahami sebagai suatu bentuk kerjasama dalam bentuk kegiatan perdagangan yang dijalankan baik oleh individu, kelompok, maupun golongan tertentu dengan negara lain yang disertai dengan kesepakatan atau persetujuan bersama.

Ada bebera jenis dari perdagangan internasional, pertama adalah ekspor dan kedua adalah impor.Yang menjadi pertanyaanya kemudian adalah seberapa besar manfaat perdagangan Internasional bagi perekenomian Indonesia?

Manfaat pertama perdagangan internasional bagi perekonomian Indonesia adalah untuk menjaga hubungan baik antar negara. Selain itu dengan adanya kegiatan seperti ini, kemakmuran suatu bangsa akan semakin meningkat dan membaik.

Artinya tidak hanya Indonesia saja yang kemakmuran ekonominya akan meningkat dan membaik, namun negara lain yang diajak bekerjasama pun akan mengalaminya. Salah satunya ditandai dengan bertambahnya devisa negara.

Tidak hanya itu saja, lapangan pekerjaan atau kesempatan bekerja pun semakin terbuka lebar. Dan yang terakhir adalah akan mempermudah promosi produk dalam negeri ke luar negeri.