Manfaat Bagi Kita Yang Sering Melafalkan Asmaul Husna


asmaul husna

Dalam Islam husna itu memiliki arti baik atau indah. Sehingga makna dari Asmaul Husna yaitu nama-nama yang indah milik Allah. Meskipun sejak dahulu ada beberapa pendapat yang berbeda dari para ulama yaitu perbedaan tentang arti makna ataupun penafsiran dari Asmaul Husna sendiri. Namun yang paling penting yaitu kita tidak boleh musyrik dalam menggunakan nama-nama asmaul husna tersebut. Karena nama-nama ini menyangkut  kepada dzat yang akan kita ibadah yg sebenarnya yaitu Allah Subhanahu Wa Ta’ala sendiri.

Mengenai Asmaul Husna

Mengenai Asmaul Husna

ilustrasi Mengenai Asmaul Husna (photo: pixabay.com)

Selain beda dalam penafsiran nama, para ulama juga berbeda dalam pendapat jumlah nama Asmaul Husna tersebut. Namun dari semua perbedaan tersebut yang paling penting yaitu bahwa hakikat nya nama tersebut merupakan dzat yang akan kita imani dimana yaitu Allah sendiri. Dan kita harus dapat memahami dan juga mengerti makna dari nama-nama tersebut. Seperti layaknya baginda Rasul Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Ketika melafalkan Asmaul Husna kita tidak hanya sekedar mengucapkannya. Namun lebih baik kita dapat merasakan dari setiap makna yang terkandung dari nama-nama agung Allah tersebut. Hingga kita dapat merasakan adanya fadilah.

Manfaat Melafalkan Asmaul Husna

Manfaat Melafalkan Asmaul Husna

ilustrasi Manfaat Melafalkan Asmaul Husna (photo: pixabay.com)

Dan inilah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh ketika kita melafalkan Asmaul Husna dan makna yang ada di dalamnya.

Mengenal Siapa Allah

Yang pertama yaitu lebih mengenal siapa itu Allah. Seperti yang kita ketahui bahwa asmaul husna merupakan nama lain dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sehingga ketika kita membaca asmaul husna kita bisa lebih mengenal sifat-sifat yang dimiliki Allah. Melalui nama-nama asmaul husna tersebut  kita lebih mengenal Allah maka kita juga akan lebih yakin dan percaya dengan adanya Allah. Tiada Tuhan yang layak disembah selain Allah.

Mengenal Kebesaran Allah

Yang selanjutnya yaitu dapat mengenal kebesaran Allah. Dengan kita mengetahui apa saja sifat-sifat yang ada pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala maka kita akan lebih menyadari bahwa kebesaran Allah  itu tidak dapat terbayangkan. Dengan kita menyadari hal tersebut maka kita dapat menjadi lebih taat dan juga menjalankan perintah Allah. Menyadari adanya  kebesaran Allah tersebut akan membuat kita sadar bahwa yang kita miliki ini tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Allah. Dengan begitu maka kita akan terhindar dari sifat sombong.

Semakin Beriman

Semakin kita sadar akan kebesaran Allah Subhanahu Wa Ta’ala, maka iman kita juga akan semakin bertambah. Ketika kita membaca Asmaul Husna secara berulang kali maka kita akan menyadari dengan makna yang ada di dalam nama-nama tersebut. Sehingga iman kita akan bertambah kepada Allah.

Menjauhi dari Kekafiran

Ketika kita membaca Asmaul Husna maka kita akan menyadari bahwa tidak akan ada yang dapat membuat kita hidup dengan aman dan terlindungi selain Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Kekafiran merupakan suatu bentuk hal yang harus kita jauhi sebagai seorang yang beriman. Sehingga senantiasa membaca Asmaul Husna maka iman kita juga akan bertambah dan kita dapat menjauhi dari kekafiran. Karena kita sebagai orang yang beriman tidak di perbolehkan untuk keluar dari Islam.

Semakin Banyak Ilmu Pengetahuan

Manfaat selanjutnya dengan membaca Asmaul Husna adalah semakin banyak ilmu pengetahuan yang kita miliki. Dengan jalan kita selalu mengingat Allah  melalui membaca Asmaul Husna ini, maka kita juga akan semakin luas pengetahuannya. Hal ini berkaitan dengan di mana kita dapat memahami setiap makna yang terkandung dari sifat-sifat Allah dalam Asmaul Husna tersebut. Sehingga dengan banyaknya ilmu pengetahuan yang kita miliki membuat kita dapat dengan mudah mendapatkan sukses dunia. Namun kita tidak boleh melupakan sukses di akhirat yang sangatlah penting tersebut.

Jauh dari Keragu-Raguan akan Allah

Semakin sering kita membaca Asmaul Husna maka kita akan jauh dari keraguan ada akan adanya Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Karena dengan membaca Asmaul Husna maka kita akan lebih sering mengingat nama Allah dan selalu meyakini akan keberadaannya. Keagungan yang dimiliki oleh Allah serta kekuasaan dan kebesarannya membuat kita jauh dari kata ragu. Sehingga perbanyaklah membaca Asmaul Husna akan membuat kita senantiasa tentram. Karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala merupakan satu-satunya dzat Yang Maha Kuasa yang ada di dunia ini.

Membuat Hati Tenang

Manfaat membaca Asmaul Husna adalah membuat hati kita menjadi lebih tenang. Orang yang memiliki iman yang kuat senantiasa memiliki hati yang tenteram. Hal tersebut karena mereka selalu mengingat Allah. Sehingga hati mereka senantiasa tenang dan tentram. Berzikir mengucapkan nama-nama Allah atau Asmaul Husna ini dapat menjadi salah satu hal yang kita lakukan agar hati kita menjadi tentram aman. Ketenangan jiwa dalam hidup dapat kita miliki ketika kita selalu mengingat nama Allah dalam setiap langkah kita.

Dengan mengetahui begitu banyak yang manfaat yang dapat kita peroleh ketika kita melafalkan Asmaul Husna maka kita harus senantiasa memperbanyak membaca nya. Tidak hanya sekedar membacanya namun juga harus senantiasa memaknai setiap kandungannya. Cara lain yang dapat Anda lakukan ketika tidak dapat membaca Asmaul Husna yaitu dengan mendengarkan bacaan Asmaul Husna. Salah satu solusinya yaitu dengan cara mendownload MP3 Asmaul Husna. Dengan begitu kita dapat senantiasa mendengarkan bacaan Asmaul Husna dimana saja dan kapan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *