Artikel Bisnis



Untuk Anda yang memiliki keahlian menulis atau sekadar hobi menulis, tentu saja sudah terbiasa merangkai kata per kata menjadi kalimat bermakna. Setiap makna yang disusun menjadi sebuah paragraf dan utuh menjadi tulisan, sudah tentu dimaksudkan untuk memberikan manfaat bagi siapa saja yang membacanya. Namun, ketimbang hanya menjadikannya hobi, tulisan kamu bisa dijadikan bisnis lho!

Bisnis menulis artikel lepas kini sudah cukup banyak dijalankan di Indonesia. Temanya beragam, bisa menulisartikel bisnis, kuliner, jalan-jalan, hobi, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin mendapatkan penghasilan dari kegiatan ini, Anda bisa memilih menjadi penulis artikel lepas atau freelance writer. Apalagi, kini banyak pemilik website atau blog yang membutuhkan jasa Anda untuk membuat konten.

Bukan hanya mudah dilakukan bagi Anda yang memiliki hobi menulis, melainkan bisnis ini juga nyaris tanpa modal. Anda hanya perlu mengandalkan otak yang jernih, kemampuan menulis, laptop, dan koneksi internet yang lancar. Dengan modal yang demikian mudah didapat, Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan, seperti:

  • Fleksibilitas waktu

pixabay.com

Anda yang tidak suka bekerja terikat waktu atau memiliki kesibukan lainnya, seperti mengurus anak, bisa menjadikan bisnis menulis ini sebagai alternatif yang sangat tepat. Tidak seperti karyawan yang harus berangkat pagi dan pulang saat hari mulai gelap, menjadi freelance writer memiliki waktu yang sangat fleksibel untuk bekerja. Anda bisa bekerja kapan saja sesuai dengan keinginan Anda.

Namun demikian, bukan berarti Anda bisa seenaknya mengulur waktu, melainkan Anda juga harus bisa menyesuaikannya dengan deadline yang diberikan. Jadi, Anda harus mampu mengatur waktu Anda sendiri, agar bisa mengirim artikel sesuai dengan permintaan klien. Selain itu, Anda juga bisa memilih atau mengambil hari libur sesuai dengan yang Anda inginkan.

  • Fleksibilitas tempat kerja

Selain waktu, satu hal lagi yang fleksibel saat memilih freelance writer adalah tempat bekerja. Anda bisa bekerja di mana saja Anda inginkan, entah itu di co-working space, café, ruang kerja di rumah, tempat tidur Anda sendiri, bahkan di tempat liburan. Selama di tempat Anda bekerja ada laptop, colokan listrik, dan koneksi internet, semua aman terkendali.

  • Menambah wawasan

pixabay.com

Menulis berdasarkan permintaan klien akan membuat Anda sering mendapatkan topik-topik yang beberapa di antaranya mungkin belum Anda kuasai betul atau bukan merupakan bidang Anda. Untuk membuat artikel yang sesuai dengan permintaan klien, tentu saja Anda harus mencari dan membaca beberapa referensi dari banyak sumber terlebih dahulu.

Dengan begitu, kegiatan ini tentu saja secara tidak langsung akan menambah wawasan Anda. Sebab, mau tidak mau, suka tidak suka, Anda harus menguasai dan ‘memaksa’ diri Anda untuk mempelajari bidang baru. Kebiasaan membaca yang menulis inilah yang akan membuat Anda semakin bertambah dan bertambah lagi wawasannya. Tentu otak Anda akan semakin cerdas menerima berbagai informasi.

  • Penghasilan yang menjanjikan

Bisnis ini bisa menjadi potensi mendapatkan penghasilan yang cukup besar. Apalagi, jika Anda melakukannya dengan keseriusan dan terus mengeksplorasi gaya penulisan, sehingga memiliki keunikan tersendiri dibandingkan jasa lainnya. Penghasilan menjadi seorang freelance writer nyatanya bisa mencapai angka jutaan rupiah setiap bulannya.

  • Bisa menjadi penghasilan tambahan

Bagi Anda yang kini sudah memiliki pekerjaan utama, berbisnis menulis artikel ini bisa menjadi penghasilna tambahan yang menggiurkan hasilnya, seperti yang sudah disebutkan tadi. Anda bisa menekuni bisnis ini tanpa meninggalkan pekerjaan tetap Anda saat ini. Dengan waktu yang fleksibel, Anda bisa mengerjakan tulisan disela-sela bekerja atau selepas kerja di malam hari.

Hanya saja, jangan sampai menjadi freelance writer ini mengganggu pekerjaan utama Anda. Selain itu, bisnis ini juga bisa dijadikan sebagai penghasilan tambahan untuk para ibu menyusui atau ibu rumah tangga agar bisa mendapatkan penghasilan di rumah.

  • Menambah teman

Beberapa lembaga atau wadah kepenulisan ini kerap membuat beberapa acara yang berfungsi untuk mengumpulkan atau mempertemukan seluruh penulisnya dari berbagai macam daerah berbeda. Dengan begitu, Anda akan berada di dalam satu komunitas yang baru dan tentu saja akan mendapatkan teman sekaligus keluarga baru. Jadi, meskipun freelance, Anda tetap membuka link.

Itulah tadi beberapa keuntungan yang didapatkan jika Anda menjadikan hobi menulis Anda sebagai bisnis. Tidak ada salahnya bukan memanfaatkan hobi menjadi bukan sekadar hobi. Dari penjelasan tersebut kita juga jadi tahu, bahwa penulis artikel lepas ini bisa menjadi bisnis sampingan maupun pekerjaan utama bagi siapa saja yang memiliki keahlian.

Anda bisa mendapatkan semua keuntungan tersebut dengan menjadi penulis artikel lepas di Kontenesia. Sebab, bukan hanya soal penghasilan, Anda akan bergabung dalam komunitas, yaitu komunitas freelance writer. Hal ini bisa terjadi karena Kontenesia tidak pernah main-main dalam merekrut penulisnya, selalu berkualitas.