Havienu teknologi Apa itu Gadget? Ini adalah Penjelasan Lengkapnya

Apa itu Gadget? Ini adalah Penjelasan Lengkapnya



Gadget adalah peralatan elektronik yang akan selalu mengalami evolusi teknologi. Istilah Gadget berasal dari bahasa inggris yang secara umum memiliki arti sebagai perangkat elektronik dengan bentuk kecil dan memiliki peran dan fungsi khusus. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, gadget memiliki istilah kata sebagai acang. Namun kita lebih akrab menyebut gadget sebagai ponsel atau juga sebagai gawai.

Dengan benda kecil ini, kita bisa menjangkau dunia di luar sana. Kita bisa berkomunikasi dengan orang yang berjarak ribuan kilo meter hanya menggunakan gadget. Sebenarnya secara makna gadget bukan hanya ponsel android saja. Tapi notebook juga sebenarnya masuk dalam kategori gadget.

Macam-macam Gadget

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, gadget bukan hanya ponsel android saja. Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara rinci macam-macam gadget. Apa saja macam-macam gadget? Berikut ini adalah macam-macam gadget yang harus kamu ketahui. Simak penjelasan dari artikel di bawah ini.

1. Handphone

Jenis gadget pertama adalah handphone atau ponsel. Handphone dari zaman ke zaman terus mengalami perkembangan terkait teknologi yang digunakan. Pada tanggal 3 April 1973, seorang karyawan dari pabrik Motorola yang bernama Martin Cooper untuk pertama kali menemukan sistem handphone.

Sejak saat itu tercetuslah ide untuk membuat perangkat kecil yang mudah di bawa kemana-mana. Ponsel atau handphone pertama yang di buat adalah Motorola DynaTAC.

Handphone dari tahun ke tahun mengalami perkembangan hingga sampai sekarang telah menggunakan teknologi android yang canggih. Bukan tidak mungkin di masa depan ponsel atau handphone akan mengalami perubahan mulai dari bentuk dan lain sebagainya.

2. Laptop

Jenis gadget berikutnya adalah laptop. Laptop banyak digunakan karena memiliki layar yang lebib besar dan lebar serta di mudahkan dengan papan ketik atau keyboard. Laptop digunakan untuk berbagai macam kebutuhan mulai dari bermain game, untuk desain grafis, menulis dan masih banyak lagi. Laptop tentu saja akan selalu mengalami evolusi teknologi agar tidak di tinggalkan oleh pengguna.

3. Tablet

Tablet adalah salah satu jenis gadget yang hampir sama seperti ponsel atau handphone namun memiliki bentuk dengan ukuran yang lebih besar. Beberapa merk ponsel android sudah merilis tablet dengan teknologi terbaik.

4. Kamera digital

Jenis gadget berikutnya adalah kamera digital. Kamera digital banyak di gunakan oleh fotografer untuk memotret berbagai macam objek. Meskipun sekarang ponsel android sudah di lengkapi dengan kamera yang memiliki resolusi tinggi namun tetap saja peran kamera digital tidak bisa di kesampingkan.

Kamera digital masih tetap eksis di zaman sekarang kamera mengabadikan moment dengan kamera digital lebih memiliki cita rasa seni di banding dengan ponsel android.

Fungsi dari Gadget

Gadget memiliki berbagai macam fungsi. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari gadget. Simak penjelasan dari artikel di bawah ini.

1. Mencari informasi

Gadget dengan jenis ponsel android atau laptop bisa di gunakan untuk mencari berbagai macam informasi yang kamu butuhkan. Cara mendapat informasi dari gadget adalah dengan menyambungkan gadget tersebut dengan jaringan internet kemudian mencari informasi melalui mesin pencari raksasa yaitu Google.

Semua informasi ada di google. Informasi tersebut mulai dari yang positif sampai dengan informasi negatif pun ada dan bisa kamu temukan di google. Jika kamu ingin mengetahui info tentang sesuatu, tinggal kamu tulis saja kata kunci di mesin pencari google. Maka secara otomatis google akan merekomendasikan website atau platform yang menyediakan informasi yang sedang kamu cari.

2. Media pembelajaran

Gagdet juga bisa di jadikan sebagai media pembelajaran. Semisal kamu seorang guru dan membuat presentasi mengenai materi pelajaran menggunakan software presentasi. Atau kamu seorang pelajar atau mahasiswa bisa mengerjakan tugas semisal presentasi, laporan, skripsi dan masih banyak lagi.

Dengan ini maka bisa di bilang bahwa gadget juga mempunyai peran sebagai media pembelajaran. Atau bisa juga kamu mencari informasi mengenai tugas dengan jaringan internet. Jadi, fungsi gadget sebagai pencari informasi dan media pembelajaran masih saling berkaitan.

3. Sebagai media komunikasi

Gadget bisa di gunakan sebagai media untuk kamu bisa berkomunikasi dengan orang lain yang jauh jaraknya dengan dirimu. Semisal menggunakan telepon atau ponsel android. Komunikasi dengan gadget pun semakin bervariasi dengan hadirnya sosial media.

Sekarang kamu bisa melakukan komunikasi jarak jauh dengan menatap muka menggunakan video call. Komunikasi menggunakan gadget pun bisa dengan cara tekstual yaitu mengirim pesan singkat melalui sms atau dengan chat di aplikasi chatting semisal Whatapps, Line, BBM dan masih banyak lagi aplikasi chat lain. Komunikasi dengan gadget akan mempermudah karena bisa dengan jarak jauh.

4. Sebagai media hiburan

Gadget juga memiliki fungsi sebagai media hiburan. Kamu bisa menggunakan gadget untuk menonton video di platform youtube atau bisa juga untuk bermain game.

Jika kamu ingin memainkan game pada perangkat gadget milik mu, kamu bisa mendownload game tersebut melalui sebuah situs web dengan nama aptoide.co.id. Situs web tersebut menyediakan banyak sekali game-game keren dan terbaik.

Nah itulah sekilas mengenai gadget. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.