10 Provinsi di Sumatera Memiliki Keanekaragaman

0 Comment

Pulau Sumatera merupakan sebuah pulau besar yang ada di Negara Indonesia paling barat. Bahkan pulau tersebut telah diakui sebagai pulau terbesar yang keenam di dunia. Pulau yang di kenal masih sangat hijau ini terbagi menjadi 10 provinsi yaitu Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Riau, Aceh, Bengkulu, Jambi, Lampung, Bangka Belitung, dan Sumatera Selatan. Setiap provinsi yang ada di Pulau Sumatera memiliki keanekaragaman dan kebudayaan masing – masing. Sebagian masyarakat Sumatera adalah suku Melayu. Namun ada beberapa suku besar lainnya yang ada di sana yaitu Minangkabau, Batak, Lampung, dan Aceh. Selain itu Pulau Sumatera juga memiliki kota – kota yang besar dan tentunya telah dikenal oleh banyak orang yaitu Pekanbaru, Batam, Medan, Bandar Lampung, dan Palembang. Kota – kota besar tersebut berada di provinsi yang berbeda – beda.

Besarnya wilayah Sumatera dan masih hijaunya daerah di sana sangat memungkinkan masyarakat untuk bekerja sebagai nelayan, petani, maupun pedagang. Selain banyak lahan yang bisa digunakan untuk perkebunan pulau ini juga memiliki pantai yang luas yang bisa digunakan untuk para nelayan. Selain itu masyarakat di Sumatera mayoritas memeluk agam Islam walaupun ada beberapa yang beragama lain. Pada masyarakat di kota – kota besar seperti yang telah di jelaskan sebelumnya mayoritas penduduknya beragama Budha. Namun ada juga yang menganut agama Kristen seperti di daerah Provinsi Sumatera Utara, Tapanuli, dan Samosir.

Kebudayaan yang ada di Pulau Sumatera memiliki perbedaan pada setiap provinsi. Rumah adat, baju adat, senjata tradisional, dan masih banyak lagi yang berbeda pada setiap provinsi. Bahkan bahasa yang digunakan pada setiap daerah juga memiliki perbedaan dan pulau ini penduduknya menggunakan bahasa yang bermacam – macam. Selain itu suku yang tinggal di masing – masing provinsi di pulau tersebut juga berbeda – beda. Sehingga tidak heran jika indonesia terkenal dengan keanekaragamannya. Mengingat dari satu pulau saja sudah banyak perbedaan yang ada pada penduduknya. Terlebih saat ini Indonesia memiliki banyak sekali pulau baik dari pulau – pulau besar maupun pulau kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *